Qatar Juara Piala Asia 2023. Taklukan Yordania 3-1 di Final

Pariwarajambi.com – Qatar Juara Piala Asia 2023 usai mengalahkan Yordania di final dengan skor 3-1. Pertandingan final ini berlangsung di Stadion Lusail, Qatar, Sabtu (10/2/2024).

Pemain Qatar nomor punggung 11 yakni Akram Afif menjadi pahlawan kemenangan The Maroons dengan tiga gol yang seluruhnya ia ciptakan lewat penalti.

Gol pertama pada pertandingan final ini didapati oleh Qatar di menit ke-20. Pelanggaran Abdallah Nasib terhadap Afif yang merangsek masuk kotak penalti membuat wasit menunjuk titik putih. Afif sendiri yang maju sebagai eksekutor, dan sukses menaklukkan Abulaila.

Pada menit ke-67 Yordania berhasil menyamakan kedudukan melalui pemain bernomor punggung 11 Yazan Al-Naimat. Yazan Al-Naimat dengan cermat mengontrol umpan lambung Haddad di kotak penalti lalu melepaskan tembakan voli ke sudut kiri gawang Qatar tanpa mampu dihalau Barsham.

Namun tidak berselang lama, tepatnya menit ke-71 Qatar kembali unggul melalui titik putih pinalti. Afif kembali menjadi eksekutor dan untuk kedua kalinya tembakannya terbaca, namun tak mampu dihalau Abulaila untuk membawa Qatar memimpin 2-1.

Afif mencetak hattrick menit ke-90+5. Gol pemain kribo ini kembali lahir dari titik pinalti. Pelanggaran Abulaila terhadap Afif membuat wasit menunjuk titik putih usai mengecek tayangan ulang di pinggir lapangan. Afif yang kembali maju sebagai penendang kini berhasil mengecoh Abulaila.

Skor 3-1 bertahan hingga usai. Ini menjadi gelar kedua secara beruntun bagi The Maroons usai meraih yang pertama pada edisi 2019.(*/rky)

 

 

Komentar