Pemkab Merangin Gelar Operasi Pasar Kendalikan Harga Barang Jelang Puasa

Pariwarajambi.com – Guna menekan terjadinya inflasi dan lonjakan harga jelang datangnya bulan suci Ramadhan 1445 H, Pj Bupati Merangin Mukti menggelar Operasi Pasar (OP) di Pasar Pamenang, Jumat (01/03/2024).

Sebanyak dua ton beras yang didistribusikan pada OP tersebut. Untuk beras kemasan 5Kg dijual dengan harga Rp 55 ribu. Gula Pasir sebanyak 150 Kg dijual Rp 16.000 /Kg.

‘’Kita juga menjual minyak sayur dengan harga Rp 15 ribu /Kg. Ada sebanyak 165 liter minyak sayur yang kita distribusikan pada Operasi Pasar di Pasar Pamenang ini,’’ ujar Pj Bupati.

Mukti berharap, OP yang digelar di Pasar Pamenang itu dapat menstabilkan harga, sehingga lonjakan harga jelang datangnya bulan puasa Ramadhan 1445 H tidak terjadi. ‘’Jika harga stabil, inflas bisa kita kendalikan,’’ terang Mukti.

Pj Bupati bersama rombongan kemudian blusukan ke kios-kios pedagang di Pasar Pamenang itu, guna mengeceh harga di pasaran. ‘’Kita perlu sering-sering melakukan pengecekan harga di pasaran seperti ini,’’ ucap Pj Bupati.

Dari hasil pengecekan harga yang dilakukan Pj bupati itu, harga Cabe Merah stabil Rp 80.000 /Kg, Bawang Merah mengalami lonjakan harga dari Rp 28.000 /Kg menjadi Rp 35.000 /Kg.

‘’Mudah-mudahan nanti harga Cabe Merah yang masih cukup tinggi ini, nanti bisa turun karena akan mendapat pasokan Cabe Merah dari Jangkat dan Kerinci dengan harga yang berbeda,’’ harap Mukti.

Tampak hadir mendampingi Pj bupati pada OP dan blusukan Pasar Pamenang tersebut, Kadis Tanaman Pangan dan Holtikultura Slamet Sudarsono dan Camat Pamenang Alamudi.(*)

Komentar