Diasuh Shin Tae-yong: Timnas Indonesia Raih Poin FIFA Terbanyak di Dunia

 
Para pemain Timnas Indonesia berpose sebelum bertanding melawan Timnas Singapura dalam pertandingan semifinal Piala AFF 2020 di National Stadium Singapura, Rabu (22/12/2021) malam WIB. [ANTARA FOTO/Humas PSSI]

Pariwarajambi.com - Tim nasional Indonesia menunjukkan grafik yang cukup baik sejak diasuh pelatih asal Korea Selatan, Shin Tae-yong.

Apa lagi dengan keberhasilan Timnas Indonesia melangkah ke babak semifinal Piala AFF 2020 membuat poin Timnas Indonesia di peringkat dunia FIFA melonjak drastis.

Dikutip dari laman resmi FIFA yang baru saja merilis daftar peringkat dunia Desember 2021, disebutkan Timnas Indonesia mengalami lonjakan perolehan poin pada November-Desember.

Keberhasilan skuat besutan pelatih Shin Tae-yong itu salah satunya tak lepas dari penampilan yang apik di kompetisi Piala AFF 2020 yang masih berlangsung di Singapura.


"Ada sejumlah peningkatan dramatis namun dalam hal peningkatan bulan lalu tim Asia yang paling berkembang adalah Indonesia yakni peringkat 164 dengan tambahan 11,13 poin," tulis keterangan FIFA.

Torehan yang diraih Timnas Indonesia tersebut mampu mengungguli sejumlah negara dalam perolehan poin terbanyak untuk bulan Desember 2021.

Pemenang piala Arab Aljazair berada di peringkat 29 dengan tambahan poin 3 kemudian disusul Qatar peringkat 48 dengan tambahan 3 poin lalu terakhir ada Thailand yang duduk di peringkat 115 dengan tambahan 3 poin," lanjutnya.


Secara total, skuat asuhan Shin Tae-yong meraih 992,31 poin setelah mendapat tambahan 11,13 poin. Hasil itulah yang mendorong kenaikan peringkat Timnas Indonesia dari yang sebelumnya berada di posisi 166 kini naik ke ranking 164.

Ditahan Imbang Singapura. Pada laga terakhir di ajang Piala AFF 2020, Timnas Indonesia ditahan imbang Singapura saat melakoni leg pertama babak semifinal.

Timnas Indonesia sempat unggul lebih dulu lewat gol ciamik Witan Sulaeman usai memaksimalkan umpan silang Asnawi Mangkualam di menit ke-28.


Di paruh akhir babak kedua, Timnas Indonesia kecolongan setelah Ikhsan Fandi di menit ke 70 berhasil melesakkan gol dan berhasil membuat laga berakhir imbang 1-1.

Pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong mengatakan bahwa skuadnya kelelahan sehingga dapat ditahan imbang Singapura 1-1 pada laga leg pertama semifinal Piala AFF 2020 di Stadion Nasional, Singapura, Rabu malam.

"Pemain kelelahan. Namun ada baiknya letih itu datang saat ini. Kami jadi bisa memberikan istirahat kepada pemain untuk memulihkan tenaga mereka," ujar Shin.

Sabtu malam besok, Timnas Indonesia akan melakoni laga leg kedua menghadapi Singapura. Kemenangan wajib didapat Witan Sulaeman dkk bila ingin melenggang ke babak final Piala AFF 2020.(*)

Editor Riky Serampas
Sumber Suara.com