For Pejuang PPPK! Jangan Percaya Oknum yang Janjikan Bisa Bantu Kelulusan

Pariwarajambi.com – Untuk pejuang Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) jangan percaya jika ada oknum yang menjanjikan bisa mengurus atau membantu kelulusan.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Merangin, Ferdi Firdaus menegaskan bahwa tes PPPK dengan sistem CAT oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN) adalah 100 persen murni dan tidak bisa direkayasa.

Baca juga: Untuk PPPK! BKD Tegaskan Tidak Ada Penambahan Nilai Tes PPPK, Ferdi: Kelulusan Berdasarkan Rangking Tes CAT

Oleh sebab itu, Ferdi mengingat agar peserta PPPK yang telah mengikuti tes CAT beberapa waktu lalu untuk tidak percaya dengan ada oknum yang mengaku bisa mengurus kelulusan.

“Jadi kalau ada yang mengaku bisa mengurus kelulusan, apa lagi mengatasnamakan pejabat di BKD atau siapapun jangan percaya, saya tegaskan jangan terpancing dengan isu-isu hoax tersebut,” tegasnya.

“Saya tegaskan bahwa BKPSDM Kabupaten Merangin tidak pernah meminta uang atau jasa atas penyelenggaraan setiap tes CPNS atau PPPK,” tambah Ferdi lagi.

Ferdi juga menegaskan bahwa tidak ada penambahan nilai apapun untuk kelulusan tes PPPK. Dia mengatakan kelulusan PPPK 2023 ditentukan berdasarkan rangking nilai pada pelaksanaan tes CAT yang telah dilakukan beberapa waktu lalu.

“Saya tegaskan tidak ada nilai tambahan atau penambahan nilai untuk PPPK, kelulusan berdasarkan rangking tes CAT atau nilai CAT kemaren,” katanya.

“Usai pelaksanaan tes CAT semua peserta sudah mengetahui nilainya masing-masing, nilainyakan langsung keluar, juga langsung ada sertifikatnya, iya kelulusan berdasarkan rangking nilai yang mengikuti tes CAT itu, tidak ada lagi penambahan nilai lainnya,” tegas Ferdi lagi.

Untuk diketahui jumlah formasi tes PPPK tahun 2023 ini sebanyak 1.117 untuk guru dan 271 formasi PPPK untuk tenaga kesehatan. Sementara untuk pengumuman kelulusan PPPK antara tanggal 5 sampai tanggal 16 Desember 2023.

Terkait agar tidak percaya dengan calo CPNS atau PPPK ini juga disampaikan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB), Abdullah Azwar Anas. Dia mengingatkan kepada seluruh masyarakat Indonesia untuk tidak percaya dengan calo CPNS.

“Kami sampaikan kepada seluruh masyarakat Indonesia jangan percaya dengan orang yang menjanjikan bisa meloloskan mereka dari seleksi CASN, karena tidak seorangpun yang bisa membantu karena sudah pakai sistem CAT, karena begitu megerjakan nilainya langsung ada,” kata Abdullah Azwar Anas usai membuka Rakernas APPSI di BW Luxury Hotel, Kota Jambi, Selasa (07/11/2023) lalu.

Menpan-RB mengatakan pemerintah akan melakukan perekrutan sumber daya manusia yang memiliki daya saing. Siapapun yang mempunyai kemampuan punya kesempatan untuk menjadi ASN, Diplomat atau Jaksa.

“Terkait SDM, SDM kedepan yang dipilih yang memiliki dayasaing, sekarang rekrutmen ASN sedang jalan ada 650 ribu formasi yang daftar 2,4 juta, karena sekarang sistemnya terbuka tidak ada lagi istilah orang dalam, kalaupun lulus itu karena kemampuan mereka, bahkan negera memberikan kesempatan kepada siapapun anak bangsa yang mempunyai kemampuan untuk menjadi ASN, menjadi diplomat, menjadi Jaksa, sekarang sudah menggunakan CAT yang ada di BKN di Kemendagri,” tegasnya.(rky)

Komentar