ASN Merangin Bisa Absen Melalui Handphone: Melalui Aplikasi SAPO Merangin

Loucing aplikasi SAPO Merangin

Pariwarajambi.com - Aparatus Sipil Negara (ASN) Merangin bisa melakukan absensi melalui handphone. Ini setelah Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Merangin melauncing aplikasi Sistem Absensi Pegawai Online (SAPO) Merangin.

Aplikasi ini baru dikenalkan Sekretaris Daerah (Sekda) Merangin, Fajarman saat upacara kedisiplinan di halaman kantor Bupati Merangin, Senin (27/12/2021).

Baca juga: Demo ke Dikbud Tuntut Turunkan Kepala SMP 10 Merangin: Massa Ancam Segel Kantor Dikbud dan Kantor Bupati

Launching aplikasi Sapo Merangin ditandai dengan pembukaan selubung logo aplikasi Sapo Merangin oleh Sekda Fajarman, didampingi Kepala Badan Kepegawaian Sumber Daya Manusia (BKSDM), Ferdi Firdaus.

"Sistem absensi ini akan lebih akuntabel, cepat dan akurat," ujar Sekda.

Sapo Merangin adalah aplikasi absen online yang dikeluarkan BKPSDM Merangin didukung sepenuhnya oleh Dinas Kominfo Merangin berbasis androit, untuk seluruh ASN Merangin.

Fajarman mengatakan aplikasi Sapi Merangin akan menggantikan absensi konvensional lama (fingerprint dan absensi manual) yang bertujuan untuk mengatasi berbagai kecurangan yang sebelumnya pernah ada dalam masalah kehadiran ASN.

Baca juga: Pertamax Bakal Gantikan Premium dan Pertalit: Perlu Disubsidi?

Senada juga dikatakan Kepala BKPSDM Merangin Ferdi Firdaus. Absensi dengan Sapi Merangin bisa melalui handphone yang pelaksanaannya memakai sistem titik koordinat kantor yang dibatasi oleh radius dan perekaman wajah pegawai.

"Karena sistem absensi ini akan lebih akuntabel, cepat dan akurat, sehingga dapat mempermudah ASN dalam melaksanakan absensi masuk dan pulang kantor," ujar Ferdi.

Tidak hanya itu tegas Ferdi, Sapo Merangin juga mempermudah pimpinan dalam mengambil keputusan dan kebijakan.

"Sebagai implementasi dari terbitnya peraturan Pemerintah nomor 94 tahun 2021 tentang disiplin PNS," sebutnya.(*)

Penulis : Redaksi - Editor : Riky Serampas