Geopark Merangin Jambi Ditargetkan Lolos UGG

Pariwarajambi.com – General Manager (GM) Geopark Merangin-Jambi Dr Agus Zainuddin menargetkan, Geopark Merangin-Jambi akan lolos pada assesmen yang dilakukan Tim Evaluator Unesco Global Geopark (UGG) pada 07 -11 Oktober 2022 mendatang.

Hal tersebut ditegaskan Kepala Bappeda Kabupaten Merangin tersebut, setelah melakukan pemantauan bersama Wabup Merangin Nilwan Yahya pada sejumlah titik penilaian Geopark Merangin-Jambi di kawasan Jangkat.

‘’Kita targetkan untuk evaluator Geopark Merangin-Jambi ini, lolos menjadi Unesco Global Geopark (UGG). Ini tentunya butuh kerja keras dan dukungan semua teman-teman dan stakeholder,’’ujar Dr Agus Zainuddin, Selasa (04/10/2022).

Sementara itu Wabup Merangin Nilwan Yahya pada kesempatan yang sama menegaskan, melalui kerja keras semua elemen masyarakat dan tim Geopark Merangin-Jambi itu sendiri, apa yang menjadi tujuan bersama tentu akan tercapai.

‘’Dengan menggenjot persiapan yang kita lakukan di sejumlah titik penilaian, mudah-mudahan Geopark Merangin-Jambi akan menjadi UGG. Mohon doa semua masyarakat Jambi pada umumnya,’’terang Wabup.

Sejauh ini persiapan yang sudah dilakukan di semua lini dan titik-titik penilaian jelas Nilwan, sudah mencapai 80 persen. Wabup juga minta Tim Geopark Merangin, untuk mensterilkan kawasan Geopark, sehingga tidak dikotori lagi dengan sampah pelastik.

‘’Tim Evaluator Unesco UGG itu sangat alergi sekali dengan sampah-sampah pelastik. Sebab sampah pelastik itu tidak akan terurai meskipun dengan waktu yang cukup lama sekalipun,’’jelas Nilwan.

Untuk itu gotong royong setiap hari yang dilakukan para Aparatur Sipil Negara (ASN) Merangin di titk-titik penilaian, menyikat habis sampah-sampah pelastik itu, sehingga kawasan Geopark akan benar-benar bersih dan bebas dari sampah pelastik.(*)

Komentar