Komisi III DPRD Merangin Minta OPD Maksimal Garap PAD

Pariwarajambi.com – Komisi III DPRD Kabupaten Merangin minta Organisasi Perangkat Daerah (OPD) maksimal harap Pendapatan Asli Daerah (PAD) 2023.

Ketua Komisi III DPRD Merangin, As’ari Elwakas mengatakan selama ini potensi PAD belum maksimal digarap OPD, hal itu juga yang menyebabkan realisasi PAD di sejumlah OPD tidak terealisasi sesuai terget.

“”Ya, kurang maksimal. Peluang besar, cuma realisasi belum tercapai dengan maksimal,” kata pria yang akrab disapa Apuk, Rabu (25/01/2023).

Terkait itu, pihaknya panggil Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dilingkungan Pemerintah Kabupaten Merangin penghasil pendapatan asli daerah (PAD).

Lima OPD tersebut yakni Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah (BPPRD) , Dinas Lingkungan Hidup(DLH), Dinas Perhubungan(Dishub), Dinas Perizinan, Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD).

“Rapat itu menyikapi hasil pembahasan Banggar kemarin, bahwa ada beberapa target untuk OPD pengasil PAD. Jadi diawal tahun kita megajak mereka mengejar target tersebut dengan mendudukan Kabag Kerjasama dalam rapat ini,” katanya.

Politisi Demokrat tersebut mengatakan pihaknya ingin mengetahui dan  bersama-sama membahas agar realisasi PAD bisa maksimal.

Dirinya menyebutkan seperti retribusi kebersihan yang jangan sampai pendapatan dan biaya operasional dalam tidak berimbang.

“Untuk itu kita mencari solusi cara menagih, misalnya retribusi sampah rumah tangga, jika petugas menagih dari rumah kerumah tentu butuh biaya, jika saling bekerjasama maka biaya yang kita keluarkan untuk PAD bisa lebih sedikit,” katanya.(rky)

Komentar