Mengenal Festival Arakan Sahur Tanjung Jabung Barat yang Dibuka Langsung Menteri Pariwisata Sandiaga Uno

Pariwarajambi.com – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno membuka langsung festival arakan sahur di Tanjung Jabung Barat (Tanjabbar), Minggu (17/03/2024) tadi malam.

Pembukaan festival arakan sahur yang berlangsung di Alun-alun Kuala Tungkal ini juga dihadiri Gubernur Jambi Al Haris, dan Bupati Tanjung Jabung Barat Anwar Sadat.

Baca juga:  Saksikan Langsung Kemeriahan Festival Arakan Sahur Tanjung Jabung Barat, Ini Kesan Menparekraf Sandiaga Uno

Sandiaga Uno mengatakan festival arakan sahur Tanjung Jabung Barat merupakan event terbaik dan masuk dalam kharisma event Nusantara.

“Ini tidak mudah karena bersaing dengan ratusan event yang lainnya di seluruh Indonesia,” kata Sandiaga.

Seperti apakah kemeriahan festival arakan sahur Tanjung Jabung Barat, sehingga membuat Menparekraf Sandiaga Uno ingin langsung menyaksikan?

Baca juga: Sandiaga Uno Bersama Gubernur Al Haris Wisata Mangrove-Berburu Takjil di Tungkal

Bupati Tanjung Jabung Barat, Anwar Sadat menyampaikan awalnya arakan sahur adalah cara tradisional warga Tanjung Jabung Barat membangunkan umat Islam agar menyiapkan makanan sahur sebelum waktu imsak.

“Di Tanjung Jabung Barat arakan sahur ini telah berkembang dalam banyak hal misalnya alat musik dan hiasan yang digunakannya telah menjadi tradisi rutin, sehingga sangat dinantikan masyarakat ketika bulan Ramadhan,” katanya.

“Tujuan utamanya adalah untuk memberikan pengingat kepada umat muslim agar mereka tidak melewatkan waktu sahur yang sangat penting selama bulan Ramadhan untuk menjalani puasa dengan penuh kewajiban,” tambahnya.

Sering perjalanan waktu, arakan sahur ini ditetapkan sebagai acara rutin oleh Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Barat sehingga mengalami perkembangan dalam banyak hal seperti menggunakan alat musik yang lebih berkualitas, adanya miniatur masjid yang dihias dengan lampu-lampu dan menggunakan pakaian seragam.

“Tradisi membangunkan orang untuk bangun sahur ini sejak 1965. Baru ditetapkan sebagai kegiatan festival oleh pemerintah sejak 2001. Alhamdulillah, tahun 2024 ini festival arakan sahur menjadi bagian dari kharisma event Nusantara yang merupakan kolaborasi event daerah dengan Kementerian Pariwisata,” sebutnya.(rky)

Komentar