Tausiah Ramadhan: Bahaya Menunda-nunda Bayar Zakat

RUKUN Islam salah satunya adalah menunaikan zakat, baik itu zakat mal atau zakat harta maupun zakat fitrah atau zakat jiwa yang wajib dibayar umat muslim.

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Merangin, Dr KH M Joni Musa Lc MA mengatakan selaku umat Islam diwajibkan untuk menunaikan zakat atau membayar zakat, baik zakat mal zakat harta maupun zakat fitrah atau zakat jiwa.

“Tentunya ini diwajibkan bagi orang-orang yang telah memenuhi persyaratan oleh karena itu bagi orang yang telah memenuhi persyaratan jangan ditunda-tunda untuk mengeluarkan zakatnya,” kata KH Joni Musa dalam tausiah singkatnya seperti dikutip di akun Instagramnya @jonimusa81.

Baca juga:

Tausiah Ramadhan: Waktu Terbaik untuk Membayar Zakat Fitrah

Tunaikan Zakat Fitrah dan Fidyah: Berikut Penjelasannya

Tausiah Ramadhan: Keberkahan dalam Hidup

Kenapa? Dijelaskan KH Joni Musa karena para ulama mengatakan bahwasanya harta yang wajib dikeluarkan zakatnya itu adalah kotoran harta dalam sebuah hadis Nabi Muhammad SAW juga bersabda;

“Tidaklah harta yang telah wajib dikeluarkan zakatnya apa bila bercampur dengan harta yang lain maka harta yang wajib zakat itu akan merusak akan membinasakan harta yang lainnya”

“Oleh karena itu jangan sampai kita membiarkan berlama-lama harta yang wajib kita keluarkan zakatnya berkumpul dengan harta-harta yang lain, kenapa karena harta yang wajib zakat itu berpotensi untuk membinasakan atau merusak harta-harta yang lain, karena harta yang wajib zakat itu disebut oleh ulama kotoran harta,” ujarnya.

“Contohnya ibarat tikus yang mati di rumah kita tentunya kita harus cepat-cepat membuangnya dari dalam rumah, apa bila kita tidak cepat membuangnya dari rumah dan dibiarkan begitu saja tentu lama kelamaan tikus itu akan membusuk kemudian akan mendatangkan bakteri-bakteri, melahirkan ulat-ulat, tentunya akan membuat hawa rumah kita menjadi tidak baik, menjadi tidak segar akhirnya mendatangkan penyakit terhadap diri kita dan keluarga kita, bahkan bisa membinasakan kita begitu juga dengan harta yang dikeluarkan zakat apabila tidak dikeluarkan segera maka akan berpotensi menghancurkan harta-harta yang lain, disamping itu juga menghilangkan keberkahan hidup kita, keberkahan harta kita disini Allah SWT,” terang KH Joni Musa.

“Mari segera tunaikan zakat kita jangan menunda-nunda zakat, tidak akan pernah yang namanya kita tidak membayar zakat akan menyuburkan harta kita, justru yang menyuburkan harta kita dengan berzakat atau banyak bersedekah di jalan Allah SWT,” tambah KH Joni Musa lagi.(rky)

Komentar