Tausiah Ramadhan: Ciri-ciri Orang yang Celaka

KITA semuanya tentu ingin hidup bahagia dunia dan akhirat dan tidak ingin menjadi orang yang celaka. Tetapi ada beberapa ciri-ciri orang yang celaka dan itu tanpa disadari sangat dekat dengan kehidupan kita sehari-hari.

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Merangin, Dr KH M Joni Musa Lc MA menyampaikan bahwasanya ada beberapa ciri-ciri orang yang celaka:

1. Kurang memiliki sifat malu, baik malu kepada Allah SWT maupun malu kepada sesama manusia.

2. Keras hati
“Orang yang keras hati contohnya tidak diterima ketika ditegur ketika berbuat sesuatu yang tidak baik, diberi nasehat yang baik malah marah kepada orang yang memberi nasehat,”kata KH Joni Musa dalam tausiah singkatnya seperti dikutip di Instagram @jonimusa81.

3. Orang yang keras mata
“Orang yang keras mata maksudnya adalah orang yang tidak pernah air matanya keluar menetes menyesali perbuatan-perbuatan atau maksiat-maksiat yang telah dilakukan, tidak pernah meneteskan air mata menyesali perbuatan-perbuatan tercela yang dia lakukan,” ujar KH Joni Musa.

4. Terlalu tamak terhadap dunia
“Terlalu tamak terhadap dunia, terlalu mencintai dunia lalu lupa kepada Allah SWT, melalaikan perintah-perintah-Nya,” katanya.

5. Lama Berangan-angan
“Lama berangan-angan atau panjang angan-angannya, maksudnya kita ingin memperoleh sesuatu tapi kita tidak pernah berusaha untuk memperoleh sesuatu tersebut, contohnya orang yang ingin mendapatkan surganya Allah SWT, masuk surganya Allah SWT tetapi dia justru banyak berbuat maksiat kepada Allah SWT, kemudian bisa juga kita contohkan seperti seorang yang ingin mendapat gelar sarjana tapi dia tidak pernah masuk perkuliahan,”

“Itulah beberapa ciri-ciri orang yang celaka mudah-mudahan kita tidak termasuk ciri-ciri orang tersebut,” kata pengasuh Pondok Pesantren At-Tafaqquh Fidin, Merangin ini.(rky)

Komentar