Tausiah Ramadhan: Keutamaan Tadarus Al-Qur’an

BULAN Ramadhan adalah bulan yang istimewa “sayyidus syuhur” penghulunya dari pada bulan-bulan yang lain.

Kenapa Ramadhan menjadi bulan yang mulia dan menjadi penghulu dari bulan-bulan yang lainnya salah satu penyebabnya adalah bulan Ramadhan adalah bulan diturunkannya Al-Qur’an.

Firman Allah SWT dalam surat Al Baqarah ayat 185

شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِيْٓ اُنْزِلَ فِيْهِ الْقُرْاٰنُ هُدًى لِّلنَّاسِ وَبَيِّنٰتٍ مِّنَ الْهُدٰى وَالْفُرْقَانِۚ

Artinya: Bulan Ramadhan adalah bulan diturunkannya Al-Qur’an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan mengenai petunjuk-petunjuk itu dan pembeda antara yang haq dan bathil.

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Merangin, Dr KH M Joni Musa Lc MA menyampaikan karena itu di bulan Ramadhan salah satu amalan yang paling abdol yang paling baik dilakukan adalah banyak-banyak membaca Al Qur’an.

“Banyak-banyak berinteraksi dengan Al Qur’an,” kata KH Joni Musa dalam tausiah singkatnya seperti dikutip di Instagram @jonimusa81.

KH Joni Musa melanjutkan termasuk tadarus Al-Qur’an, karena tadarus memiliki keutamaan tersendiri disisi Allah SWT, sebagai mana yang disampaikan Nabi Muhammad SAW dalam sebuah hadis riwayat Abu Hurairah r.a.

وَمَا اجْتَمَعَ قَوْمٌ فِي بَيْتٍ مِنْ بُيُوتِ الله، يَتلُونَ كِتَابَ اللهِ، وَيَتَدَارَسُوْنَهُ بَيْنَهُمْ إِلَّا نَزَلَتْ عَلَيْهِمُ السَّكينة، وغَشِيتْهُمُ الرَّحْمَةَ وَحَفَتُهُمُ الْمَلَائِكَةَ، وَذَكَرَهُمُ الله فيمَنْ عِنْدَهُ. رواه مسلم

Artinya: “Tidaklah suatu kaum berkumpul di satu rumah di antara rumah-rumah Allah (masjid), kemudian mereka membaca kitab Allah (Alquran) dan saling mempelajarinya, melainkan akan turun atas mereka sakinah (ketenangan) dan Allah meliputi mereka dengan rahmat, mereka akan dinaungi para malaikat, dan Allah akan membanggakan mereka di hadapan para malaikat.” (HR Muslim).

“Dari hadis ini kita dapat mengambil kesimpulan bahwasanya mentadarus Al Qur’an memiliki keutamaan tersendiri disisi Allah SWT,” katanya.

KH Joni Musa mengatakan ada empat keutamaan tadarus Al-Qur’an;
Pertama orang yang mentadaruskan Al Qur’an akan diberikan ketentraman dan kedamaian oleh Allah SWT.

“Kedua orang yang mentadaruskan akan dilimpahkan Rahmat kasih sayang Allah SWT.
Ketiga orang yang mentadaruskan Al Qur’an akan disenangi oleh para malaikat dan malaikat mengelilingi mereka, dan keempat orang yang mentadaruskan Al Quran dibanggakan oleh Allah SWT kepada para malaikat,”

“Itulah keistimewaan tadarus Al-Qur’an
semoga kita selalu diberikan oleh Allah SWT Taufik Hidayat untuk selalu senantiasa mencintai Al Qur’an dan membaca Al Qur’an,” tambahnya lagi.(rky)

Baca juga:

Tausiah Ramadhan: Jangan Putus Asa dari Rahmat Allah SWT

Tausiah Ramadhan: Waktu Terbaik untuk Membayar Zakat Fitrah

Komentar